Contemporer Exhibition: JATIM ART

Contemporer Exhibition at JATIM Art Now #3

Ada yang menarik dengan salah satu acara yang resmi dibuka pada Jumat (15/11) lalu di Bentara Budaya Bali. Acara bertajuk Jatim Art Now #3 ini adalah sebuah pameran seni rupa kontemporer yang mempresentasikan citra kekinian (now) dengan mengedepankan perkembangan dan capaian terkini para perupa dari Jawa Timur.


Ada semacam identitas kedaerahan yang ingin ditampilkan bukan melalui sesuatu yang bersifat mengikat, sebaliknya lebih mencerminkan upaya-upaya perupa untuk memaknai kekinian. Para seniman yang sepanjang karir atau dalam waktu tertentu tinggal dan menjalani kegiatan seni di Jawa timur, termasuk mereka-mereka yang lahir di Jawa timur turut ambil bagian dalam pameran dengan  sang curator Muhaman Aripin. 




Life Inside the Bottle 2013 by Aucky Hinting
140 x 120 cm
Bottle, palm oil, polyester resin, silicon rubber,
acrylic, lamp



Bird Form: Hello Mr. HM (2011) by Agus Kama Loedin
Variable aluminium and copper

Setelah sebelumnya sukses diselenggarakan di Galeri Nasional (22 Juni -5 Juli 2012) serta di galeri Soemardja ITB Bandung (2-24 November 2012), pameran yang kali ini berlangsung hingga 25 November di Bentara Budaya Bali ini hadir dengan memberi ruang kreatif yang begitu luas bagi para seniman dari beragam latar belakang.

Keragaman personal yang ada pada pameran kali ini dikenal dengan sebutan kolektif asemblasi. Sebuah bentuk kolektivitas yang hadir sebagai cermin atas problem terkait upaya membangun kebersamaan, yakni adanya satu bentuk kesatuan tidak mengikat secara kukuh. Hal inilah yang membuat keterikatan yang terlihat dalam pameran kali ini lebih mengarah pada sebuah bentuk kebersamaan yang bersifat temporal. Sehingga, identitas kedaerahan yang diacu pun bersifat lebih longgar dan cair karena tidak didasari oleh kesatuan ideologi yang permanen.

Para pengunjung Bentara Budaya dalpat melihat banyak karya dari perupa yang dihadikan baik melalui dua dimensi maupun tiga dimensi. Beberapa perupa yang turut hadir pada acara diskusi seni rupa (16/11) lalu antara lain  Aucky Hinting, Agus Koecink, Aan Suliono, Aripin Petruk, Bambang Sudarto, Bambang Mardiono, Ben Wong, Bendra Bilaningsih, Budi Soetrisno, Chrisyanti Anggie, Elyezer, Faizin, Hannavy, Hari Yong, Ivan Hariyanto, Joned Rahadian, Jeonathan, Jeni Lee, Jopram, Meirza Zaid, Muh. Rizky, dan beberapa seniman lainnya. Pada Jatim Art Now #3 kali ini juga akan dilanjutkan dengan serangkaian acara, seperti performing rt, pemutaran video kontemporer, hingga diskusi seni rupa bersama curator, pengamat seni dan para perupa yang terlibat. 


Terror 2013 by Hannavy
180 x 180 cm


Art paper on panel, digital print

Comments