Semburat Langit Puncak Kentheng Songo, Gunung Merbabu


 Semburat Langit Puncak Kentheng Songo, Gunung Merbabu


Puncak Gunung Merbabu kian memanggil-manggil, berbisik dalam setiap hembusan udara yang menerpa wajah. Ketinggian 3142 mdpl adalah perwujudan dari sebuah tantangan yang ditaklukkan dengan sebuah kerendahan hati. Sambil berbisik pelan, “Selamat pagi, Tuhan… Pagi ini, saya menghampiri alam yang Engkau sandingkan di tanah ibu pertiwi ini. Selamat pagi.”

Stasiun Poncol, Semarang – Basecamp Wekas
Meru yang berarti gunung, Babu artinya wanita dan gunung ini dikenal dengan sebutan gunung tidur. Terletak di tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Magelang, Semarang dan Boyolali, Gunung Merbabu memiliki lima kawah, antara lain Kawah Condrodimuko, Kombang, Kendang, Rebab dan Sambernyowo.  Berangkat melalui jalur wekas, membuat tim pendakian yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen bertemu di Stasiun Poncol, Semarang harus menumpang truk kecil. Perjalanan menuju basecamp Wekas yang menghabiskan waktu kurang lebih lima jam, membuat tim akhirnya bersiap untuk memulai pendakian pada pukul 14.00.


Wekas – Pos 1
Tidak perlu khawatir dengan sumber air, karena Jalur Wekas memiliki banyak sumber air yang bisa dimanfaatkan. Wekas adalah desa terakhir menuju puncak yang memakan waktu sekitar 6 hingga 7 jam. Sepanjang perjalanan, pandangan mata akan dimanjakan dengan bentangan ladang penduduk yang ditanami tanaman seperti bawang, wortel, hingga tembakau.  Perjalanan menuju pos 1 memakan waktu hingga 2 jam.

Read more CLICK HERE

Comments