Absurdisitas Sollipsisme

Absurdisitas Sollipsisme
Metode Penelitian (Metpen) Filsafat Universitas Indonesia

Permasalahan mengenai absurditas akan menghantarkan kita pada sebuah pemahaman berdasarkan kepercayaan bahwa alam semesta adalah tidak rasional. Albert Camus, seorang filsuf asal prancis yang mengemukakan analoginya lewat salah satu tokoh dalam Mitologi Yunani, yakni sisifus mengenai absurditas sebagai pencarian makna yang sia-sia oleh manusia dalam menghadapi dunia yang tidak bisa dipahami.
Seperti yang ditulis dalam salah satu esai milik Camus tentang Sisifus yang mendapatkan kutukan selama-lamanya untuk mendorong batu karang ke puncak gunung.
Analogi yang diperbandingkan oleh Camus tentang absurditas kehidupan manusia dengan sisifus itu menjadi semacam metafora dalam keadaan dewasa ini. Buruh dan pekerja pabrik mungkin bisa menjadi penggambaran di masa modern saat ini terkait akan problematika absurditas. Mereka melakukan tugas yang selalu sama dan sudah menjadi rutinitas sehari-hari dalam hidupnya. Hal tersebut menjadikan penggambaran tentang buruh dan pekerja pabrik ini menjadi tidak kalah absurdnya dengan keadaan yang dialami oleh sisifus. Hingga pada akhirnya ketragisan akan muncu ketika mereka nanti sadar akan nasibnya.
See more... Klik di sini

Comments

  1. apa ini buu? sama posting2an sebelumnyaa??
    hwaaaaa...kenapa ada embel2 tugas kuliahnyaa?

    but, good writing though...
    gw kayaknya ga akan pernah bisa make kata2 sulit macam lo :))

    ReplyDelete
  2. yeaaayyy... ada amel amal. ahahah thanks for coming, dear.
    iya nih, efek demam kuliah iseng2 aja posting say...
    hehehe

    ReplyDelete

Post a Comment


Thanks for visit my blog
Feel free to like and comment the article that you like.
And click subscribe button on top